Apa itu Canonical URL Pada Website atau Blog Reviewed by Paman Epic on Februari 01, 2018 Rating: 4,5

Apa itu Canonical URL Pada Website atau Blog

Apa itu tag Canonical?
Tag Canonical (alias "rel Canonical") adalah cara untuk memberi tahu mesin telusur bahwa URL tertentu mewakili salinan utama sebuah laman. Menggunakan tag Canonical mencegah masalah yang disebabkan oleh konten identik atau "duplikat" yang muncul di beberapa URL. Secara praktis, tag kanonik memberi tahu mesin telusur mana versi URL yang ingin Anda tampilkan di hasil penelusuran.

Contoh kode


Contoh kode tag Canonical
Mengapa Canonical itu penting?
Konten duplikat adalah subjek yang rumit, namun saat mesin telusur merayapi banyak URL dengan konten serupa (atau sangat serupa), ini dapat menyebabkan sejumlah masalah SEO. Pertama, jika perayap penelusuran harus mengarungi konten duplikat terlalu banyak, mereka mungkin kehilangan beberapa konten unik Anda. Kedua, duplikasi skala besar dapat mencairkan kemampuan peringkat Anda. Akhirnya, meski konten Anda tidak sesuai, mesin pencari mungkin memilih URL yang salah sebagai "asli". Menggunakan canonicalisasi membantu Anda mengontrol konten duplikat Anda.

Masalah dengan URL
Anda mungkin berpikir "Mengapa ada orang yang menduplikat sebuah halaman?" dan salah menganggap bahwa Canonical bukanlah sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Masalahnya, kita, sebagai manusia, cenderung menganggap halaman sebagai konsep, seperti beranda Anda. Namun, untuk mesin pencari, setiap URL unik adalah halaman terpisah.

Misalnya, perayap penelusuran mungkin bisa menjangkau beranda Anda dengan berbagai cara berikut:


  • http://www.example.com
  • https://www.example.com
  • http://example.com
  • http://example.com/index.php
  • http://example.com/index.php?refer=twitter


Bagi manusia, semua URL ini mewakili satu halaman. Untuk perayap penelusuran, semua URL ini unik "halaman". Bahkan dalam contoh terbatas ini, kita bisa melihat ada lima salinan homepage yang sedang diputar. Pada kenyataannya, ini adalah contoh kecil dari variasi yang mungkin Anda hadapi.

Sistem manajemen konten modern (CMS) dan dinamis, situs web berbasis kode memperburuk masalah bahkan lebih. Banyak situs menambahkan tag secara otomatis, mengizinkan beberapa jalur (dan URL) ke konten yang sama, dan menambahkan parameter URL untuk penelusuran, jenis, opsi mata uang, dll. Anda mungkin memiliki ribuan URL duplikat di situs Anda dan bahkan Anda tidak menyadarinya.

Maka dari itu Canonical sangatlah penting.
Apa itu Canonical URL Pada Website atau Blog Apa itu Canonical URL Pada Website atau Blog Reviewed by Paman Epic on Februari 01, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Daripada komen pake akun kloningan, mending pake akun asli. Siapa tau kita bisa belajar bareng.

Diberdayakan oleh Blogger.